Jumat, 02 Oktober 2009

Anda bisa seperti Andreas!

Minggu lalu dalam kebaktian minggu pagi di UCC, di tengah-tengah khotbah saya, seorang anak kecil menyela saya dan bertanya, "Pastor, bagaimana cara saya membawa ayah saya kepada Yesus?" Sayapun secara spontan menjawabnya: "Jangan kuatir, bawa ayahmu kemari, nanti kita sama-sama membawanya bertemu dengan Tuhan Yesus!"

 
 

Tetapi setelah selesai kebaktian, saya dibawa dalam renungan yang dalam mengenai pertanyaan anak tersebut. Saya kira, ada banyak orang dewasa juga yang sebenarnya sangat bingung bagaimana membawa seseorang bertemu dengan Yesus.

 
 

Dalam Yohanes 1:41-42, dikisahkan: "Andreas mula-mula bertemu dengan Simon, saudaranya, dan ia berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus)." Ia membawanya kepada Yesus. Yesus memandang dia dan berkata: "Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)."

 
 

Kesaksian Alkitab tersebut di atas menunjukkan bahwa Andreas mengajak Petrus untuk datang melihat Yesus. Tentu Anda bertanya kepada saya: "Kemana saya membawa seseorang supaya ia bisa bertemu dengan Yesus." Maka sayapun menjawab berdasarkan petunjuk Alkitab bahwa Anda cukup membawanya ke tempat di mana biasanya Yesus berkunjung. Apakah Anda masih mau bertanya lagi?

 
 

Apakah Anda tahu tempat di mana Yesus sering berkunjung? Tidak ada rumusan tempat dalam Alkitab di mana Yesus sering berkunjung. Tetapi Yesus hadir di berbagai tempat di mana Ia bisa menyatakan diri-Nya dan memulihkan orang-orang. Ia juga hadir di sebuah rumah dimana ada orang yang mengundang-Nya untuk makan bersama. Alkitab menyaksikan bahwa Yesus seringkali berada di tengah-tengah orang berdosa, lalu Ia mengampuni mereka. Yesus juga mengunjungi tempat-tempat ibadah dan berbicara di sana. Yesus pergi ke pantai dan berkhotbah kepada orang banyak yang mengikutiNya. Yesus juga berjalan menelusuri daerah-daerah dan kota-kota dimana Ia hendak memberitakan Injil Kerajaan Sorga. Sejak UCC dimulai, saya selalu berkata kepada para pengunjung bahwa kami tidak membawa orang-orang ke sebuah organisasi, tetapi kami hanya membawa orang-orang bertemu dengan Yesus. Itu sebabnya saya sering kali bertanya: "Apakah Anda melihat Yesus di UCC hari ini?" Saya sedih sekali, jika dalam sebuah pertemuan kami Yesus tidak terlihat. Sebagai seorang murid Yesus, saya berusaha untuk berdiri di mana Yesus sedang berdiri dan berbicara di mana Yesus sedang berbicara. Saya juga yakin untuk berkunjung ke rumah saudara jika saya melihat Yesus sedang di undang ke sana. Apakah Anda sering mengundang Yesus di rumah Anda? Kalau begitu, undanglah para kerabat Anda di rumahmu dan beritahu mereka bahwa Yesus sedang berkunjung di sini. Saya juga dengan ringan langkah pergi ke tempat-tempat di mana Yesus menyuruh saya. Apakah Anda melihat bahwa Yesus sedang mencari seseorang di suatu tempat?

 
 

Jika Anda sulit memahami arti dari firman Tuhan ini: "Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku…!", maka saya yakin Anda akan mengerti perkataan ini: "Pergilah, bawalah orang-orang ke tempat di mana Yesus sering berkunjung!" Ini langkah awal yang paling mudah bagi Anda untuk mempersiapkan orang-orang menjadi murid Yesus. Jika Anda tidak tahu bagaimana menjelaskan ayat-ayat firman Tuhan, itu bukan masalah. Yang paling penting adalah bahwa orang-orang yang bertemu Anda bisa mendengar bahwa Anda pernah bertemu dengan Yesus. Anda cukup menjelaskan kepada mereka bagaimana mula-mula Anda bertemu dengan Yesus dan bagaimana selanjutnya perubahan dalam diri Anda setelah bertemu Yesus.

 
 

0 komentar:

Posting Komentar

About This Blog

Inspirasi bagi anggota gereja

Pengunjung saat ini

  © Blogger template Coozie by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP